Artikel Terbaru

Menembus Kreatifitas & Produktifitas TANPA BATAS

Adalah Widayat atau yang lebih akrab disapa dengan nama Kang Dayat. Pria kelahiran Banjarnegara pada tahun 1980, yang berdmisili di desa Mad...

Postingan Populer

19 Februari 2024

Menembus Kreatifitas & Produktifitas TANPA BATAS

Adalah Widayat atau yang lebih akrab disapa dengan nama Kang Dayat. Pria kelahiran Banjarnegara pada tahun 1980, yang berdmisili di desa Madukara, kecamatan Madukara. Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. 

Ada banyak hobi yang beliau tekuni, diantaranya adalah ; 

  • Berternak Kambing 
  • Bercocok Tanam (Melakukan ekperimen berbagai macam tanaman)
  • Mengelola Sambah Desa 
  • Sekaligus Menjadi Ketua BPD Desa Madukara dan menjadi Pengusaha Jaringan Internet ( Profesi )

Lain dari pada itu, beliau juga saat ini menjadi salah satu aktifis FRB (Forum Rembug Banjarnegara) sebuah komunitas muda yang konsen membuat diskusi dan kajian tentang problematika kekinian Banjarnegara dan Bangsa. 

Dalam dunia ternak kambing, Kelompok Tani Arjuna Gemilang Sejahtera desa Madukara, yang di punggawani oleh Kang Dayat. Dalam Kurun waktu 3 tahun, dengan modal iuran anggota. Berhasil melipat gandakan kambing dari dari hasil ternaknya. Yang bermula hanya 3 ekor, menambah lagi 10 ekor, bisa berkembang menjadi 50 ekor kambing. 

Sementara itu, dalam rangka terus mengembangkan bisnis ternak kambing kelompok taninya. Kang dayat mengajak seluruh anggota Kelompok Tani Arjuna Gemilang Sejahtera desa Madukara, agar bisa bergabung dengan Paguyuban Peternak Kambing Banjarnegara. Yang saat ini sudah memiliki anggota lebih dari 600 kelompok usaha ternak kambing. Agar semua anggota bisa belajar dan membangun kemitraan berjaring dengan kelompok ternak lain di wilayah Banjarnegara. 

" Kebutuhan Daging Kambing untuk hajat Aqeqah dan juga Idul Qurban di Banjarnegara, sangat tinggi. Masih ada banyak peluang bagi para millenial Banjarnegara, untuk membangun usaha ternak kambing baik secara berkelompok maupun mandiri. Tidak usah ragu dan kecil hati. selama usaha ternak kambing ini digeluti dengan serius dan sungguh-sungguh, pasti akan membuahkan hasil diluar ekspetasi kita". Tegasnya dengan nada penuh optimis. 

Untuk usaha pertanian, beliau beserta kelompok tani lain di desa Madukara telah mengembangkan pertanian DURIAN MIMANG asli Desa Pekauman. " Kami sediakan lahan sekitar 10 hektar dengan tanaman bibit unggul Durian Mimang, sejumlah 900 pohon. Semoga 3 tahun kedepan sudah bisa mulai panen perdana ". 

Kemudian tentang Sampahisasi. Beliau kang Dayat menekankan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memang memiliki konsentrasi dan menjiwai dalam hal sampah. Jika suatu desa hendak membuat bank sampah di desanya. Keprihatinan akan tidak dikelolanya sampah yang ada di masyarakat, yang kemudian berdampak pada meningginya penyakit Demam Berdarah waktu itu. Mendorong Kang Dayat dan rekan-rekan-nya untuk terjun langsung menangani persoalan sampah di Desanya. " Alhamdulillah perjuangan kurang lebih 2 tahun dalam masalah sampahisasi di desa kami, bisa kami tuntaskan dengan baik" imbuhnya. 

Kang Dayat selaku Ketua BPD Desa Madukara, berharap agar sinergi antara BPD dan Pemerintah desa, dapat terus ditingkatkan demi kemajuan desa dan membaiknya tata kelola pemerintaha desa dimasa yang akan datang. "BPD selain sebagai mitra pemerintah Desa, BPD juga menjadi pengawas atas kinerja dan anggaran ditingkat Desa"

Tentang usaha Jaringan Internet di Banjarnegara. Kang Dayat selaku pengusaha sekaligus selaku pengurus Paguyuban Pengusaha Internet Banjarnegara SCI (Serayu Conected Intermedia). Berharap agar Pemda Banjarnegara bisa membuat REGULASI tentang Usaha Internet untuk para pelaku daerah agar kearifan lokal ini tidak terbunuh oleh kepentingan Hight capital atau pegusaha raksasa dari luar. 

Semoga liputan podcase episode ini bisa menginspirasi pemirsa semua, untuk bisa terus berkreatifitas dan berproduktifitas tanpa batas. Demi kemajuan pribadi, Banjarnegara dan Bangsa. Sampai ketemu di episode berikutnya. 

Salam MERDESA dan Salam Rahayu
Wahono
WHOnesia Sikojo Channel
Buati FRB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meninggalkan jejak dilapak ane, tunggulah kunjungan balik ane ke lapak agan-agan semua.. Salam Rahayu dan Salam waras. Wahono Secret