Artikel Terbaru

Menembus Kreatifitas & Produktifitas TANPA BATAS

Adalah Widayat atau yang lebih akrab disapa dengan nama Kang Dayat. Pria kelahiran Banjarnegara pada tahun 1980, yang berdmisili di desa Mad...

Postingan Populer

28 September 2023

Nasehat Hidup dari si Rokok Djarum 76

“Le…Kowe nek pingin uripmu penak. Sianuo karo rokok-ke simbah iki. Rokok Djarum 76” (translate endonesia : Nak, jika kamu ingin hidupmu sukses, maka belajarlah dari rokoknya kakek ini, yakni rokok djarum 76). kata Eyang Sukrat waktu itu pas kita ngobrol di gubung pekebunan jagung lereng gunung sumbing, temanggung, jawa tengah. 

Dalam hati saya ; Apa hubungan-nya kesuksesan hidup dengan rokoknya simbah? Mbah Sukrat paham bahwa saya tidak percaya dengan apa yang beliau sampaikan. Makanya beliau langsung ncrocos menerangkan mengapa kamu harus belajar hidup dengan baik dari rokok djarum 76, agar hidupmu bisa sukses dan bahagia. 

Begini le…, rokok djarum pitu nem ( 76 ) kuwe mengajarkan kepada kita bahwa ; Jika kamu ingin sukses dari angka 7 menuju angka 8, maka kamu harus berani turun satu level terlebih dahulu. Yakni turun ke angka 6. Maksunya mbah ? iya. Sebab jika kamu langsung ke angka 8. Ketahuilah bahwa angka 8 ini adalah puncak kesempurnaan. Garis angka 8 ini tak pernah putus. Itulah kesempurnaan hidup dan sejatinya kesempurnaan. Dan menuju titik level 8 ini bukanlah hal yang mudah, tetapi bisa. Syaratnya adalah keberanian untuk turun level ke angka 6 terlebih dahulu dari angka 7 tadi (76). 

Jadi 76 itu sekilas kayak rokoknya orang bodo! Tetapi jika kita paham maknanya, maka kita baru sadar bahwa 76 itu sesungguhnya adalah konsep yang cerdas. Sampai disini saya masih mengernyitkan jidad, tanda saya masih belum paham sepenuhnya. Mbah…, coba terangkan pada saya secara lebih spesifik, maksud pernyataan mbah tadi. 

Ngene le…, Djarum Pitu Nem kuwe nek dijabarna artinya begini ; 

Djarum soko tembung Ajarane sing arum alias wangi. 

76 kuwe artine ; Nek sampean pingin oleh Pitulungane sing nggawe urip (Gusti Alloh), ojo mundak nang angka wolu. Tapi mudunno nang ongko nem. Nem kuwe maksude Nembung. Nembung sing apik lan sing jelas alias cetho, apa penjalukanmu. Sehinggo, Gusti kang Murbeng Dhumadi ridho aweh pitulungan marang sampean, ben sampean iso munggah nang ongko  wolu, simbul kesuksesan urip nang alam dhunyo. 

( Translate endonesia ; Begini nak…, Djarum 76 itu artinya ; Djarum berasal dari kata Ajarane sing Arum / Pelajaran-nya yang indah. 76 itu artinya Pitu (7) ; Pitulungan / Pertolongan. Nem (6) ; Nembung / Berdoa. Maka jika kamu ingin mendapatkan pertolongan dari Tuhan, Maka harus berani Berdoa dengan jalas dan gamblang apa sebenarnya permintaan kamu, baru Tuhan akan mengabulkan doa-doamu. Itulah angka 8, terkabulkannya doa ) 

Welegh…jebul ngono to artine mbah…? Yayaya…, saiki kulo sampun paham mbah. Nek ngono sing penting iki tembunge ya mbah? Ngopo tekan siki nyong ora sukses sukses. Merga tembungnya yang tidak jelas atau malah justru kekehen tembung / kebanyakan permintaan alias ora focus juga dadine yak….?

Baiklah…, masuk ini mbah… sebagai pengalaman hidup.
Smoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin
Salam Rahayu

BACA JUGA ARTIKEL YANG LAIN : 

16 komentar:

  1. Njih Mbah Guno.. Gujih Miguno 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahha.... ngonoloh....
      jiaannddd
      78 berarti wis sukses rika
      kaose bayarin gih
      ahahahaha

      Hapus
  2. Wkwkwkwk... inyonge sampun tumbas 2 pcs Mbah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kon nglunasi malah tuku
      tuku si nyong wis ngerti
      jiaanddddddddd

      Hapus
  3. Filosofis sekali ya, gak kepikir dari sebuah brand ada yang bisa digali.
    Angka 8 dianggap angka sempurna karena tak terputus, benar juga.

    Luar biasa sang kakek ini 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah asyiknya belajar elmu sama para eyang jawa
      ia tak mau menonjolkan diri dimuka umum
      ia sembunyikan identitasnya dengan cangkul dan arit
      padahal jika kita mau menimba elmunya
      gak kalah sama yang suka teriak-teriak takbir di televisi itu
      huehehehehe

      Hapus
  4. ooh ngono tooh, baru tau aku. Tak fikir-fikir yoo bener juga untuk menuju kesempurnaah harus melalui proses dulu dari tangga paling bawah, 6 kemudia 7 lalu 8. Btw, dari mana tau nya bahwa 8 adalah nilai tertinggi? selain terlihat tidak terputus. Bahwa 8 kan huruf masehi. Sementara Indonesia juga punya aksara sendiri. Heheheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. huehehe..., sementara analisanya baru di angka itu, hasil dr sianu saking eyang sukrat. perihal jenis huruf masehi dan aksara jawa sendiri, saya pribadi malah belum belajar babar blas. mohon beri pencerahan jika saudara jauh lebih faham dunia perhurufan atau yg lain. agar kajian bisa menjadi semakin mendalam.
      matursuwun boskuh sudah mampir ke lapak ane dan memberikan kontribusi PR pendalaman budaya.
      Salam rahayu

      Hapus
  5. untuk mencapai kesuksesan tentu variabelnya banyak.. salah satu variabel kesuksesan, saya setuju seperti yang ditulis di artikel ini.. tugas manusia adalah menggenapkan variabel2 lainnya, baik yang ia sudah ketahui atau yang masih menjadi misteri agar ia bs temukan.. dan terkabul atau tidaknya, itu rahasia Tuhan :)

    nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiyaapppppppppppppp........
      agree boskuh...
      makasih sudah mampir ke lapak ane
      n ninggalin jejak
      salam rahayu

      Hapus
  6. Jarum super hanya untuk lelaki yang suka berpetualang. ( JARANG DI RUMAH SUKA PERGI).salam 234, sayangnya jarum 76 tidak cocok untuk daerah panas. Nyegrak mbakonya mas.

    BalasHapus
  7. memang brand rokok2 ini mempunyai makna2 kehidupan seperti yang saya lihat di iklan2 rokok dan salah satu nya djarum 76 ini dan kata-kata yang saya suka dari artikel ini yaitu "Jika kamu ingin sukses dari angka 7 menuju angka 8, maka kamu harus berani turun satu level terlebih dahulu. Yakni turun ke angka 6" Dan memang yang harus saya lakukan saat ini yang akan menurunkan ego untuk lebih berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. raaiiittt.....
      semoga bermanfaat dan menginspirasi
      matur suwun boskuh
      salam rahayu

      Hapus
  8. saya setuju dengan konsepnya, terkadang kita harus mudur dulu untuk meloncati tembok yang lebih tinggi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah meninggalkan jejak dilapak ane, tunggulah kunjungan balik ane ke lapak agan-agan semua.. Salam Rahayu dan Salam waras. Wahono Secret