Artikel Terbaru

Menembus Kreatifitas & Produktifitas TANPA BATAS

Adalah Widayat atau yang lebih akrab disapa dengan nama Kang Dayat. Pria kelahiran Banjarnegara pada tahun 1980, yang berdmisili di desa Mad...

Postingan Populer

22 September 2023

Memayu Hayuning Bawono VS Sustainable Life

Tinjaunan Konsep Memayu Hayuning Bawana

Memayu hayuning bawana ( aksara Jawa: ꦩꦼꦩꦪꦸꦲꦪꦸꦤꦶꦁꦧꦮꦤ ) adalah filosofi atau nilai luhur tentang kehidupan dari kebudayaan Jawa. Memayu hayuning bawana jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi memperindah keindahan dunia. Orang Jawa memandang konsep ini tidak hanya sebagai falsafah hidup namun juga sebagai pekerti yang harus dimiliki setiap orang. 

Memayu hayuning bawana adalah upaya melindungi keselamatan dunia baik lahir maupun batin. Orang Jawa merasa berkewajiban untuk memayu hayuning bawana atau memperindah keindahan dunia, hanya inilah yang memberi arti dari hidup. 

Di satu sisi secara harafiah, manusia harus memelihara dan memperbaiki lingkungan fisiknya. Sedangkan di pihak lain secara abstrak, manusia juga harus memelihara dan memperbaiki lingkungan spritualnya. Pandangan tersebut memberikan dorongan bahwa hidup manusia tidak mungkin lepas dari lingkungan. Orang Jawa menyebutkan bahwa manusia hendaknya arif lingkungan, tidak merusak dan berbuat semena-mena.

Singkronisasi Makna dan Realita 
Islam juga mengajarkan tentang hal ini. Yang secara keseluruhan terangkum dalam sebuah kalimat “IKHSAN” artinya baik. Orang yang Ihsan disebut mukhsin berarti orang yang berbuat baik. Sedangkan Ihsan menurut aqidah islam adalah berbuat kebaikan dengan niat ibadah kepada Allah SWT. Jika semua umat muslim mampu menebarkan kebaikan dimuka bumi, niscaya islam akan menjadi Rahmatan Lil Alamin. 

Sayangnya tidak semua umat Islam juga faham dan berani mengamalkan ajaran agamanya. Sehingga sekalipun Bangsa kita jumlah penduduk terbesarnya adalah umat islam, persoalan ekonomi, sosial, pendidikan, politik maupun lingkungan terus menganga, seakan tiada habisnya. 

Gaya Hidup Berkelanjutan Demi Kelestarian Bumi
Gaya Hidup Berkelanjutan Demi Kelestarian Bumi (Sustainable Life) adalah konsep kekinian yang coba disudorkan kepada generasi kita. Point intinya antara lain : 

  1. Mengurangi Kebiasaan Menggunakan Plastik
  2. Memanfaatkan Transportasi Publik
  3. Hemat Menggunakan Listrik
  4. Memilah Sampah
  5. Mengurangi Konsumsi Sumber Daya Alam yang Berlebihan

Ini adalah konsep yang luar biasa. Namun demikian jika kita bisa kembali kepada ajaran leluhur Bangsa kita. Konsep Gaya Hidup Berkelanjutan Demi Kelestarian Bumi (Sustainable Life) adalah sebuah konsep yang telah terbahas bahkan menjadi bagian dari Sub konsep Memayu Hayuning Bawono. 

Banjarnegara, 23 September 2023
Salam Rahayu
Wahono

BACA JUGA ARTIKEL LAIN : 

4 komentar:

  1. Mantaps gan terima kasih telah menjadi penulis sejarah karena sejarah sangat penting untuk menjadi pelajaran hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. siyappp boskuh.....
      saatnya kembali kepada ajaran para leluhur bangsa
      agar kita paham jati diri dan juga jati diri bangsa kita
      salam blogger
      makasih atas kunjungan baliknya
      sukses n sehat selalu untuk kita semua
      Wahono Secret

      Hapus
  2. ajaran leluhur memang seharusnya patut untuk dilestarikan, karena mereka cenderung sangat benar2 menjaga dan berusaha menyelaraskan hidup dengan alam semesta. terima kasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita belajar kembali budaya kita, agar kita semakin paham akan jati diri Bangsa yang bernama Nusantara.
      Terimakasih sudah bertandang ke lapak saia.
      Salam BLogger Nusantara
      Wahono Secret

      Hapus

Terimakasih sudah meninggalkan jejak dilapak ane, tunggulah kunjungan balik ane ke lapak agan-agan semua.. Salam Rahayu dan Salam waras. Wahono Secret